
Technologue.id, Jakarta - Riset ancaman terbaru dari tim Kaspersky Digital Footprint Intelligence (DFI) mengungkapkan 11 juta kredensial akun game bocor pada tahun 2024. Temuan Kaspersky menunjukkan bahwa 5,7 juta akun Steam dibobol oleh malware infostealer pada tahun 2024 saja. Jenis malware berbahaya ini juga menyebabkan kebocoran 6,2 juta akun yang terkait dengan platform game global lainnya: Epic Games Store, Battle.net, Ubisoft Connect, GOG, dan aplikasi EA.
Kaspersky Digital Footprint Intelligence menganalisis kredensial Steam yang bocor di negara-negara Asia Pasifik, berdasarkan data dari berkas log malware. Hampir 163.000 kredensial yang bocor adalah di negara Thailand, diikuti oleh Filipina dengan 93.000 kredensial.
Baca Juga:
Pemerintah AS Sita Aset Senilai $1 juta dari Geng Ransomware Rusia
Vietnam berada di posisi tiga teratas dengan hampir 88.000 kredensial bocor, dan Indonesia menempati peringkat ke-4 dengan kebocoran hampir mencapai 70,000. Sebaliknya, jumlah terendah ditemukan di China, Sri Lanka, dan Singapura, masing-masing sekitar 19.000, 11.000, dan 4.000 kredensial.
Kawasan Asia Pasifik telah memantapkan dirinya sebagai pusat permainan global. Menurut laporan terbaru, lebih dari separuh gamer dunia berbasis di sini, dengan pasar seperti Tiongkok, India, Jepang, Korea Selatan, dan negara-negara berkembang di Asia Tenggara berkontribusi pada dominasi ini. Adopsi digital yang pesat di kawasan ini, penetrasi seluler yang meluas, dan permintaan yang didorong oleh kaum muda telah mendorong pertumbuhan eksponensial di seluruh segmen permainan kasual maupun kompetitif.
Dengan hampir 1,8 miliar pemain dan terus bertambah, ekosistem permainan di Asia Pasifik tidak hanya terbesar dalam hal volume, tetapi juga salah satu yang paling berpengaruh dalam membentuk tren dan perilaku permainan global. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kawasan ini dengan cepat menjadi sarang bagi kelas ancaman siber pencuri data.
Baca Juga:
Waspada, Hacker Mulai Incar Game Favorit Gen Z
“Penjahat siber sering kali merilis berkas log curian berbulan-bulan — atau bahkan bertahun-tahun — setelah peretasan awal,” jelas Polina Tretyak, Analis Intelijen Jejak Digital di Kaspersky. "Bahkan kredensial yang dicuri bertahun-tahun lalu dapat muncul kembali di forum dark web, yang berkontribusi pada semakin banyaknya informasi yang bocor. Akibatnya, jumlah akun game yang dibobol kemungkinan jauh lebih tinggi daripada yang langsung terlihat."
Ia menambahkan, "Penting bagi orang-orang untuk memahami bahwa ancaman pencurian informasi tidak selalu langsung terlihat. Jika seseorang mencurigai telah diserang, menjalankan pemeriksaan keamanan dan menghapus malware adalah langkah pertama yang disarankan. Secara umum, memperbarui kata sandi secara berkala dan menghindari penggunaan ulang di berbagai platform dapat membantu mengurangi risiko pribadi."