Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Bus Damri Layani Pembayaran Tiket Elektronik Menuju Bandara Soetta
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Perum Damri meluncurkan e-ticketing Damri Rute Bandar Udara Internasional Soekarno - Hatta. Sistem tiket elektronik ini bertujuan agar pelanggan semakin mudah memperoleh tiket Bus Damri. Setia N. Milatia Moemin, Direktur Utama Perum Damri, berharap agar masyarakat dapat mendukung sepenuhnya sistem tiket elektronik ini. Implementasi sistem tiket elektronik ini dilaksanakan secara bertahap sebelum diadopsi sepenuhnya di seluruh rute bandara. "Dimulai dari layanan angkutan bandara Soekarno – Hatta (Soetta) untuk titik pemberangkatan dari Kemayoran, Bekasi, Rawamangun, dan Mangga Dua. Pada akhirnya, seluruh rute bandara nanti akan menerapkan sistem E-ticketing,” tutur Setia N. Milatia Moemin, Direktur Utama Perum Damri. Untuk memperluas ekosistem tiket elektronik, Damri menggandeng Telkom Group dalam menyediakan infrastruktur IT dalam pengembangan sistem e-ticketing ini. BUMN di sektor telekomunikasi digital itu mengembangkan mobile apps, web reservation, backend system, bus validator, online payment, serta payment aggregator kartu prepaid untuk menunjang operasional e-ticketing Damri. Untuk mendapatkan tiket prepaid, pengguna dapat membayar dengan uang elektronik berbagai bank, uang elektronik T-money atau menggunakan channel pembayaran internet payment gateway (IPG) seperti T-Cash.

Baca Juga: Telkomsel Perkenalkan Poin Jajan Tcash, Apa Saja Keuntungannya?

Adapun pemanfaatan teknologi e-ticketing meliputi ticketing system (schedule management, fare management, passenger management, booking management, ticketing with barcode, revenue accounting and reporting), validation system (mobile validator), serta payment system (integrated to ticketing system dan integrated gateway system). Pemanfaatan teknologi dimaksud dapat dijadikan sebagai salah satu wujud dukungan terhadap program pemerintah yang sudah dicanangkan sebelumnya yaitu Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) untuk mendorong penggunaan transaksi non tunai oleh masyarakat dalam rangka mewujudkan cashless society.

Baca Juga: Bersama PLN, Telkomsel Kelola Teknologi Smart Meter Berbasis NB-IoT

Setia menegaskan, selain mempermudah masyarakat, digitalisasi ini juga merupakan upaya Perum Damri guna mencapai visi “Menjadi Perusahaan Transportasi Kelas Dunia yang Handal, Berkinerja Unggul dan Berkelanjutan”. “Di era digital ini, sinergi BUMN antara Perum Damri dan Telkom menunjukkan komitmen serta konsistensi perusahaan dalam mewujudkan layanan yang melebihi harapan pelanggan melalui sistem pembayaran secara non-tunai yang memberikan kemudahan layanan dengan tetap menjunjung tinggi aspek perlindungan konsumen, keamanan dan kehandalan,” ungkapnya.

SHARE:

Tri Gelar Kembali Program Kebut Hadiah BombasTri, Ini Caranya

Telkomsel Tanam 10.600 Mangrove Hasil Donasi Poin Pelanggan Tahap Kedua