Technologue.id, Jakarta – Diluncurkan di tanah air pekan lalu, kini Samsung meresmikan penjualan perdana Galaxy S9 dan S9 Plus secara serentak di 4 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Adapun lokasi tersebut meliputi Pakuwon Mall (Surabaya), Sun Plaza (Medan) serta Central Park Mall, Mall Kelapa Gading 3, Jakarta mulai tanggal 16-18 Maret 2018. Dalam penjualan perdananya, Samsung memberikan kesempatan bagi calon konsumen untuk mencoba fitur Galaxy S9 dan S9+. Tim Technologue.id berkesempatan hadir dalam acara Consumer Launch Samsung Galaxy S9 & Galaxy S9 Plus di Central Park Mall, Jakarta, Jumat (16/03/2018). Terlihat antusias yang sangat besar dari para fans Samsung Galaxy S9. Kawasan mall central park dipenuhi para fans dari Galaxy S9 yang ingin membeli gawai tersebut. Mengingat duo Galaxy S9 ini mengusung sejumlah fitur unggulan seperti kamera, teknologi AR Emoji, teknologi sound, display, fitur keamanan dan lainnya.
Baca juga:
Galaxy S9 “Disiksa”, Sanggupkah Bertahan?
[caption id="attachment_30197" align="alignnone" width="706"] Antusiasme konsumen pada penjualan perdana Samsung Galaxy S9 (Donnie Pratama Putra/Technologue.id)[/caption] Namun, kabar yang beredar beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa dari masa pre-order hingga penjualan Galaxy S9 secara global cenderung sepi, tidak seramai Galaxy S8. Hal ini berbanding terbalik dengan di Indonesia, yang di hari pertama penjualan Galaxy S9 justru sangat ramai. Menanggapi kabar Galaxy S9 yang sepi di pasar global, kami tim Technologue.id menanyakan kepada Selvia Gofar, Senior Manager Product Marketing Samsung Electronics Indonesia. “Berbeda dengan di global, di Indonesia sendiri, Samsung Galaxy S9 menuai respon pasar yang cukup baik. Padahal dari peluncuran, masa pre-order hingga penjualan perdana berlangsung cukup singkat di Indonesia. Yang jelas pre-order Galaxy S9 dan S9 Plus di Indonesia cukup banyak dan lebih baik dibandingkan Galaxy S8,” jelas Selvia Gofar, Senior Manager Product Marketing Samsung Electronics Indonesia saat melakukan wawancara eksklusif dengan Technologue.id di sela acara Consumer Launch Samsung Galaxy S9 & Galaxy S9 Plus di Central Park Mall, Jakarta, Jumat (16/03/2018). [caption id="attachment_30201" align="alignnone" width="706"] (Kiri – kanan) Annisa Maulina, Product Marketing Manager Samsung SEIN ; Benazio Rizki Putra, Vlogger dan Content Creator dan Selvia Gofar, Product Marketing Senior Manager Samsung SEIN (Donnie Pratama Putra/Technologue.id)[/caption]Baca juga:
Samsung: Pre Order Galaxy S9 Tak Seramai Galaxy S8
Sayangnya, Selvia urung menyebutkan total dari jumlah pre-order Galaxy S9. “Mengingat sejumlah peningkatan dari segi fitur dan spesifikasi Galaxy S9 dibandingkan Galaxy S8, kami optimis Galaxy S9 laris manis di pasar Indonesia. Teknologi baru dalam kamera Samsung Galaxy S9 seperti aperture besar yakni F1.5, fitur super slow motion, AR Emoji menjadi daya tarik sendiri bagi para fans di Indonesia. Selain teknologi baru, promo menarik dan perjualan perdana serempak di empat lokasi, kami yakin hal tersebut dapat diwujudkan,” ucap Selvia. Di Indonesia, Galaxy S9 dan S9 Plus tersedia di Indonesia dalam tiga varian warna Midnight Black, Coral Blue dan Lilac Purple. Samsung Galaxy S9 dengan kapasitas RAM 4GB dan memori 64 GB dibanderol dengan harga Rp. 11.499.000. Sementara Galaxy S9 Plus hadir dalam dua varian ROM dengan kapasitas 64 GB dan 256GB. Galaxy S9 Plus dengan ROM 64 GB dibanderol Rp 12.999.000, sedangkan Galaxy S9 Plus berkapasitas 256 GB dilepas Rp 14.499.000. Khusus peluncuran di Jakarta tersedia Galaxy S9 Plus dengan memori 128 GB dibanderol dengan harga Rp 13.499.000.Baca juga:
Mickey Mouse dkk Hadir Dalam Bentuk AR Emoji di Galaxy S9
“Masing-masing varian dari Galaxy S9 Plus punya pasar tersendiri di Indonesia. Misalnya warna Lilac Purple digandrungi oleh kaum hawa. Galaxy S9 Plus dengan layar yang lebih besar disukai para penikmat konten video, video kreator, gamer, pengguna dengan mobilitas tinggi dan lainnya. Ada juga yang suka kapasitas storage besar 128 GB untuk menyimpan file lebih banyak. Jadi, varian Galaxy S9 dan S9 Plus dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Untuk harganya pun bervariasi,” imbuh wanita berparas cantik tersebut. Ketika ditanya oleh tim Technologue.id mana yang diprioritaskan Samsung, Galaxy S9 atau S9 Plus? Selvia mengatakan bahwa, ”Saat ini kami belum bisa menentukan mana yang harus kami prioritaskan”. “Selain varian, kami juga melihat respon pasar dari ketiga kota tersebut. Dari situ kami bisa melihat varian mana yang paling diminati. Itulah yang akan kami prioritaskan. Tentunya, kami ingin semua varian Galaxy S9 laris manis di pasar Indonesia,” tutup Selvia.