
Technologue.id, Jakarta - Menurut laporan dari International Data Corporation (IDC), pengiriman tablet global meningkat sebesar 13,1 % Year-on-Year (YoY) pada kuartal kedua 2025, mencapai total 38,3 juta unit. Atau naik dari 33,8 juta unit pada periode yang sama tahun sebelumnya.
Kenaikan 13,1% pada pengiriman tablet global Q2 2025 menunjukkan pulihnya minat konsumen terhadap perangkat layar besar, didukung oleh inovasi produk, promosi intensif, dan peningkatan adopsi dalam sektor pendidikan maupun bisnis. Meskipun pertumbuhan ini masih lebih rendah dibanding Q2 2024 (+22,1 %), tren positif tetap berlanjut.
Baca Juga:
Redmi Pad 2 Resmi Meluncur, Tablet Pintar Ramah Anak di Bawah Rp2 Juta

Apple tetap memimpin pasar dengan 33,1% pangsa pasar, mengirim 12,7 juta unit, atau tumbuh 2,4% YoY. Samsung berada di posisi kedua dengan 7,2 juta unit dan pertumbuhan 4,2% YoY. Selanjutnya, Lenovo, Amazon, dan Xiaomi menempati posisi ketiga hingga kelima, dengan pertumbuhan masing-masing signifikan. Yakni Lenovo 25% YoY, Amazon melonjak 205%, dan Xiaomi tumbuh 42% YoY.
Faktor pendorong pertumbuhan di segmen ini diantaranya peluncuran model-model terbaru seperti iPad 10,9 inci dan iPad Air (11″ dan 13″) menjadi motor penjualan utama. Selain itu, konsumen juga mulai memperbarui tablet lama mereka, termasuk di segmen pendidikan dan komersial.
Baca Juga:
Teknologi AI Dorong Penjualan Tablet di Q3 2024
Kehadiran fitur AI yang mulai terintegrasi ke tablet premium juga memengaruhi minat beli konsumen. Merek-merek pemasok produk tablet pun terus melakukan inovasi agar bisa selalu menghadirkan produk terbaik. Beberapa inovasi itu mencakup inovasi hardware seperti layar yang semakin canggih dan inovasi software yang mulai melibatkan teknologi kecerdasan buatan atau AI.