
Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) membawa kabar gembira. Mereka mendatangkan GR Yaris Rally2, mobil rally pertama di Asia, setelah Jepang, yang dimiliki tim pabrikan di Indonesia. Kehadiran mobil ini diharapkan mendongkrak performa TGRI dalam persaingan rally dan sprint rally yang makin sengit. Duo pembalap Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto akan tetap menjadi andalan utama.
"Kami sangat antusias. Ia yakin GR Yaris Rally2 akan membuat TGRI lebih kompetitif. Target utama mereka adalah menyandingkan gelar juara nasional rally dan sprint rally 2025. Mobil ini punya spesifikasi sama dengan peserta senior lainnya, memberi kepercayaan diri lebih, kata Jap Ernando Demily, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).
Kolaborasi Ryan Nirwan dan Adi Indiarto bersama GR Yaris AP4 selama tiga musim telah membuahkan hasil. Mereka meraih gelar Juara Nasional Sprint Rally 2022 dan Juara Kedua Kejurnas Rally 2022. Selanjutnya, TGRI kembali merebut gelar Juara Nasional Sprint Rally 2023. Meskipun tantangan makin berat, mereka sanggup meraih Juara Pertama Kelas H2 Kejuaraan Sprint Rally 2024.
GR Yaris Rally2 menjadi senjata baru tim TGRI di balapan rally dan sprint rally. Mobil ini merupakan kasta tertinggi kedua di ajang WRC. Dengan begitu, pereli TGRI akan berlaga di Kelas RC2, naik satu kelas dari sebelumnya Kelas RC3.
Hiroyuki Oide, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), bangga Indonesia jadi negara pertama di Asia yang punya GR Yaris Rally2 setelah Jepang. Kehadirannya bukan sekadar mobil balap terbaru TGRI, tapi juga simbol kontribusi Toyota dalam mengembangkan motorsport nasional. Ini juga implementasi semangat "Pushing the Limits for Better" milik GAZOO Racing.
Profil dan Spesifikasi GR Yaris Rally2
Berbeda dengan Rally1, mobil Rally2 dikembangkan dari versi produksi massal. Sasis dan mesin mobil ini harus memanfaatkan model produksi dengan volume lebih dari 2.500 unit. Tampilan serta desain eksteriornya wajib mencerminkan mobil asli yang menjadi basisnya.
GR Yaris Rally2 punya spesifikasi khusus terkait sasis, output mesin, transmisi, suspensi, dan perlengkapan keamanan. Tim serta pembalap yang menggunakannya harus mematuhi standar FIA. Hal ini untuk memastikan keamanan semua peserta dan menjaga kompetisi yang adil.
Berikut spesifikasi lengkap GR Yaris Rally2:
Sasis
- Panjang: 3.995 mm
- Lebar: 1.820 mm
- Tinggi: Adjustable
- Berat: 1.230 kg (termasuk 1 ban serep) sesuai aturan FIA
- Konstruksi: Bodi baja dengan roll cage berkekuatan tinggi sesuai aturan FIA
Mesin dan Transmisi
- Tipe: 3-silinder segaris turbocharger
- Kapasitas: 1.618,2 cc
- Manajemen mesin: Bosch Motorsport ECU
- Transmisi: Sekuensial 5-speed
- Diferensial: Limited-slip differential spesifikasi balap
Suspensi, Kemudi, dan Rem
- Suspensi depan: MacPherson strut
- Suspensi belakang: MacPherson strut
- Shock absorbers: REIGER adjustable racing dampers
- Kemudi: Hydraulic rack and pinion
- Kaliper rem: Kaliper balap 4-piston Alcon
- Diameter cakram rem: Gravel 300 mm, Aspal 355 mm dan 300 mm
- Kampas rem: ENDLESS racing brake pads
- Ban Depan/Belakang: Aspal 235/40 R18, Gravel 205/65 R15
- Tipe: 3-silinder segaris turbocharger
- Kapasitas: 1.618,2 cc
- Manajemen mesin: Bosch Motorsport ECU
- Transmisi: Sekuensial 5-speed
- Diferensial: Limited-slip differential spesifikasi balap
Suspensi, Kemudi, dan Rem
- Suspensi depan: MacPherson strut
- Suspensi belakang: MacPherson strut
- Shock absorbers: REIGER adjustable racing dampers
- Kemudi: Hydraulic rack and pinion
- Kaliper rem: Kaliper balap 4-piston Alcon
- Diameter cakram rem: Gravel 300 mm, Aspal 355 mm dan 300 mm
- Kampas rem: ENDLESS racing brake pads
- Ban Depan/Belakang: Aspal 235/40 R18, Gravel 205/65 R15
Bagaimana menurutmu, apakah kehadiran GR Yaris Rally2 ini akan membuat persaingan di Kejurnas rally dan sprint rally makin seru?