Technologue.id, Jakarta - Menyambut Hari UMKM 12 Agustus 2023, Tokopedia melalui ajang apresiasi Terbukti NYAM! 2023 mengumumkan 13 produk makanan atau minuman terbaik dari pelaku usaha lokal kuliner. Hasil ini ditentukan dari berbagai kriteria, salah satunya voting masyarakat lewat halaman khusus di Tokopedia sepanjang 3-21 Juli 2023 lalu.
Vice President of Physical Goods Tokopedia, David Kartono, mengungkapkan bahwa Tokopedia berupaya membantu memberikan panggung luas kepada pelaku usaha lokal makanan dan minuman untuk meraja di negeri sendiri melalui berbagai upaya, salah satunya Terbukti NYAM! 2023.
“Lewat ajang apresiasi ini, Tokopedia ingin membuat produk buatan Indonesia–dalam hal ini makanan dan minuman–makin dikenal dan menjadi pilihan utama masyarakat. Kami di sisi lain sangat mengapresiasi masyarakat yang telah memberikan vote kepada pelaku usaha lokal kuliner pilihannya di Terbukti NYAM! 2023,” tambah David.
Baca Juga:
Capai Usia Baru, Tokopedia Ungkap Pertumbuhan Setahun Terakhir
Ajang apresiasi Terbukti NYAM! 2023 disambut positif oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI). Direktur IKM Pangan, Furnitur dan Bahan Bangunan Kemenperin RI, Drs. Yedi Sabaryadi, menyampaikan bahwa sektor industri makanan dan minuman merupakan kontributor terbesar dari sekian sektor industri pengolahan non-migas yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.
"Pada triwulan I tahun 2023, sektor industri makanan dan minuman menyumbang 38,61% dari nilai PDB industri nonmigas atau 6,47% dari total PDB nasional. Dari nilai tersebut, sebagiannya merupakan kontribusi IKM makanan dan minuman yang berjumlah sekitar 1,66 juta unit usaha. Di samping itu, IKM makanan dan minuman mampu menyerap sekitar 3,6 juta tenaga kerja sehingga menjadikannya sebagai industri padat karya," tutur Yedi.
Yedi menambahkan, industri makanan dan minuman di sisi lain berpotensi tumbuh hingga 6,25% sampai akhir tahun 2023.
Ada 13 kategori nominasi di Terbukti NYAM! 2023, yaitu Kopi Bubuk Terbaik, Dessert Terenak, Bakery Terlezat, Non-Coffee Drink Terfavorit, Snack Paling Diminati, Bakmi Termaknyus, Sambal Ter-HOT, Kopi Ter-Hits, Jajanan Pasar Viral, Cookies Paling Nagih, Kuliner Internasional Terfenomenal, Kuliner Nusantara Legendaris, dan Hidangan Sehat Pilihan.
Selain melalui voting masyarakat sepanjang 3-21 Juli 2023 lalu, 13 pemenang Terbukti NYAM! 2023 dipilih berdasarkan berbagai kriteria, mulai dari peningkatan penjualan yang signifikan di Tokopedia, konsistensi menyertakan deskripsi dan foto produk yang relevan, ringkas dan jelas, popularitas produk yang terus meningkat, dan masih banyak lagi.
Baca Juga:
Tokopedia Traktir Ultah Pelanggan Sambut Tambah Usia Ke-14
Pemenang Terbukti NYAM! 2023 akan mendapatkan berbagai benefit untuk menunjang usaha. Selain plakat apresiasi, pemenang bisa memperoleh modal pemasaran berupa Saldo TopAds (fitur beriklan Tokopedia) untuk makin meningkatkan penjualan, badge dengan logo Terbukti NYAM! yang dapat meningkatkan kepercayaan pembeli, hingga kesempatan untuk kolaborasi dengan kreator konten untuk membuat pengalaman belanja makin interaktif dan menarik.
Terbukti NYAM! 2023 merupakan ajang apresiasi untuk pelaku usaha lokal makanan dan minuman yang selama ini berpartisipasi dalam always on campaign Tokopedia NYAM!. Kampanye ini memberikan kesempatan bagi pelaku usaha lokal makanan dan minuman dari berbagai wilayah di Indonesia untuk menawarkan produknya ke masyarakat di 99% kecamatan yang sudah berhasil dijangkau oleh layanan Tokopedia.
“Halaman khusus Tokopedia NYAM! adalah inisiatif nyata Hyperlocal Tokopedia berteknologi geo-tagging yang bertujuan mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada. Upaya ini sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers),” tambah David.