Technologue.id, Jakarta - Perusahaan teknologi Tokopedia berupaya membantu pegiat usaha lokal untuk memulai dan membangun bisnis hingga meraja di negeri sendiri bahkan setara dengan brand kelas dunia.
Khusus di bidang fesyen dan kecantikan, marketplace terbesar di Indonesia ini memiliki berbagai inisiatif yang mendukung UMKM lokal.
"Di Tokopedia sendiri kita memiliki berbagai inisiatif untuk mendukung masyarakat memenuhi kebutuhan produk fesyen dan juga kecantikan. Salah satunya widget khusus di Tokopedia namanya Bangga Lokal, lalu ada juga Tokopedia Play untuk menjual produk secara lebih hidup," ujar Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia, di Jakarta, Senin (17/10/2022).
Baca Juga:
Hari UMKM Nasional, Tokopedia Tegaskan Komitmen Digitalisasi Pengusaha Lokal
Rizky menerangkan, widget khusus di halaman pertama Tokopedia 'Bangga Lokal' ini berisi produk dari pegiat usaha lokal untuk mengajak lebih banyak masyarakat membeli dan memakai produk dari pegiat usaha lokal.
Lalu berbagai kampanye rutin yang menjadi panggung bagi pegiat usaha lokal lainnya, seperti Parade Lokal, Women in Style, Modest on Trend, Tokopedia Beauty Dealight, Tokopedia Beauty Awards dan masih banyak lagi.
"Beragam inisiatif tersebut mendorong kategori Fesyen dan Kecantikan menjadi beberapa kategori yang paling populer di Tokopedia selama kuartal III 2022 dibanding periode yang sama tahun 2021," ungkapnya.
Tokopedia pun telah mengawal berbagai merek lokal fesyen dan kecantikan untuk menampilkan produk di berbagai ajang dunia. Mereka adalah Heaven Lights, Wearing Klamby, Erigo, Jewel Rocks dan BLP Beauty.
Pada September 2022, koleksi Heaven Lights dan Erigo sukses disorot dalam perhelatan New York Fashion Week (NYFW), sedangkan Wearing Klamby memamerkan koleksinya di London Fashion Week (LFW). Sementara Jewel Rocks dan BLP Beauty melenggang di Paris Fashion Week (PFW) trade show di awal Oktober 2022.
Baca Juga:
Tren dan Inovasi dari Tokopedia Setahun ke Belakang
Head of PR and Marketing Heaven Lights, Anastasia Gretti Schender mengatakan, "Berkat Tokopedia dan KBRI New York, Heaven Lights bisa memperkenalkan budaya Indonesia ke kancah global, melalui NYFW, khususnya lewat produk yang kami usung yaitu fesyen muslim dan modest wear."
Founder and CMO BLP Beauty, Lizzie Parra, menyampaikan, "Dengan dukungan Tokopedia, BLP Beauty berhasil memperkenalkan produk kecantikan lokal di panggung dunia lewat PFW. Di perhelatan bergengsi ini, BLP Beauty menjadi brand lokal kecantikan pertama yang terpilih oleh KBRI Paris dan L’Adresse Paris Agency untuk menampilkan koleksi bersama dengan brand lain dari Asia Tenggara."
Koleksi yang ditampilkan para brand lokal di sejumlah ajang dunia tersebut, juga bisa secara eksklusif ditemukan dan dibeli lewat Tokopedia.