Technologue.id, Jakarta - Memasuki usia ke-14 tahun, beragam inisiatif Tokopedia bersama penjual, masyarakat dan mitra strategis melalui Tokopedia Nyam! membawa dampak positif terhadap tren belanja online produk makanan dan minuman sekaligus perekonomian digital nasional.
Makanan siap saji (ready to eat), makanan siap masak (ready to cook) dan makanan ringan (seperti biskuit, keripik dan cokelat) menjadi beberapa produk makanan yang paling laris di Tokopedia NYAM! sepanjang semester I 2023.
Baca Juga:
Tokopedia Apresiasi Penggiat Usaha Kuliner Lewat Penghargaan Terbukti NYAM! 2023
Di sisi lain, Kampar (Riau), Sampang (Jawa Timur) dan Balikpapan (Kalimantan Timur) menjadi beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah penjual pada kategori Makanan dan Minuman di Tokopedia, selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan hampir 1,5 kali lipat.
Tokopedia juga mencatat, Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat), Maluku Barat Daya (Maluku) dan Raja Ampat (Papua Barat) menjadi beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi pada kategori Makanan dan Minuman di Tokopedia, selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat.
Selain itu, Maluku Barat Daya (Maluku) dan Raja Ampat (Papua Barat) menjadi beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah pembeli pada kategori Makanan dan Minuman di Tokopedia, selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan hampir 2,5 kali lipat.
Baca Juga:
Capai Usia Baru, Tokopedia Ungkap Pertumbuhan Setahun Terakhir
“Tren belanja online tersebut mencerminkan keberhasilan Tokopedia bersama para mitra strategis–mulai dari pelaku usaha, pemerintah, media dan masyarakat umum–dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih merata dari Sabang sampai Merauke,” ujar Vice President of Physical Goods Tokopedia, David Kartono, dalam pengumuman Terbukti NYAM! 2023, di Jakarta, Jumat (11/8/2023).
Tokopedia ke depan akan terus berkolaborasi dengan mitra strategis untuk membantu pelaku usaha lokal serta berkontribusi terhadap perekonomian digital nasional.
"Contohnya, pada puncak perayaan Hari UMKM Nasional 2023 besok (12/8/2023) di Solo, Tokopedia bersama KemenKopUKM RI melakukan live shopping produk unggulan UMKM di Tokopedia PLAY untuk mendorong produk UMKM makin menjadi pilihan masyarakat,” tutup David.