
Technologue.id, Jakarta - Tokopedia dan TikTok Shop resmi meluncurkan pusat penjual terintegrasi untuk membantu brand lokal khususnya UMKM dalam mengelola operasional mereka secara lebih efisien. Peluncuran Tokopedia & TikTok Shop Seller Center baru ini mencerminkan komitmen berkelanjutan Tokopedia dan TikTok Shop dalam menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan, mendorong inovasi, serta memajukan ekosistem e-commerce di Indonesia.
Melalui dasbor terpadu, para penjual kini dapat mengelola operasional di Tokopedia dan TikTok Shop secara lebih efisien dalam menyederhanakan alur kerja, mengurangi beban administratif, dan meningkatkan jangkauan mereka ke basis pelanggan yang lebih luas. Penjual juga memiliki fleksibilitas untuk memilih berjualan di Tokopedia, TikTok Shop, atau keduanya—sesuai dengan tujuan bisnis mereka.
Baca Juga:
TikTok, Tokopedia, dan TikTok Shop Perkuat Komitmen Pemberdayaan Perempuan di Era Digital
Fitur unggulan dari pusat penjual terintegrasi ini mencakup: Pengelolaan toko dan produk secara lebih efisien untuk dua platform sekaligus, Solusi pemasaran baru seperti GMV Max, Akses ke ekosistem afiliasi dan live shopping, serta Menjangkau beragam segmen pasar dengan menawarkan berbagai produk dengan bervariasi harga dari berbagai kategori.
Melissa Siska Juminto, Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-Commerce, Indonesia mengatakan bahwa sejak peluncuran pada awal April 2025, para penjual telah merasakan manfaat berupa peningkatan manajemen toko, efisiensi waktu, serta peningkatan penjualan karena jangkauan pengguna yang jauh lebih luas.
“Tokopedia & TikTok Shop Seller Center ditujukan untuk memperkuat nilai yang diberikan kedua brand kepada para penjual di seluruh wilayah di Indonesia. Mayoritas penjual yang telah bermigrasi menyatakan pertumbuhan transaksi mereka lebih tinggi dibandingkan sebelumnya,” ujar Melissa.
Hampir sepertiga penjual yang menggunakan pusat penjual baru ini mengalami peningkatan GMV lebih dari 50% hanya dalam dua minggu setelah migrasi dan telah merasakan hasil yang positif.
Melissa menambahkan, “Kami terus menggabungkan kekuatan Tokopedia dan TikTok Shop untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna dan mitra kami, serta akan terus berinvestasi dalam memajukan ekosistem e-commerce di Indonesia. Dalam enam bulan ke depan, kami akan fokus pada investasi besar dalam PLUS, program loyalitas unggulan yang memberikan manfaat besar bagi penjual dan pembeli.”
Baca Juga:
Tren Awal Tahun, Produk Olahraga Paling Laris di Tokopedia dan ShopTokopedia
PLUS adalah program keanggotaan premium yang menawarkan berbagai keuntungan seperti diskon eksklusif, bebas ongkir, dan kupon pengiriman instan. Program ini meningkatkan pengalaman berbelanja bagi pembeli sekaligus membantu penjual meningkatkan transaksi melalui pembelian yang lebih sering dan bernilai lebih tinggi.
Ke depan, seluruh operasional penjual akan dilakukan melalui platform terintegrasi ini. Tokopedia dan TikTok Shop berkomitmen mendukung penjual selama masa transisi melalui layanan live chat/agen, sesi pelatihan gratis, dan webinar tentang fitur-fitur pusat penjual baru serta strategi pertumbuhan. Penjual tetap memiliki fleksibilitas untuk memilih berjualan di Tokopedia, di TikTok Shop, atau di kedua platform.