Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
AdaKami Pastikan Keamanan Transaksi dan Identitas Nasabah
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Startup fintech lending PT Pembiayaan Digital Indonesia (AdaKami) mengandalkan integrasi berbagai teknologi seperti Kecerdasan Buatan atau AI (Artificial Intelligence) dan Big Data untuk mengumpulkan dan menganalisa informasi nasabah.

Peran teknologi tersebut membantu AdaKami dalam proses mengenal nasabah secara virtual atau electronic Know Your Customer (e-KYC) serta dalam menentukan nilai kemampuan kredit pengguna sehingga pemberian kredit diberikan secara tepat sasaran. e-KYC mempercepat proses identifikasi dan verifikasi nasabah. Nasabah dapat mengunggah dokumen identifikasi mereka secara elektronik dan melakukan verifikasi dalam hitungan menit.

Baca Juga:
Langkah AdaKami Dukung Pemerintah Capai Pertumbuhan Ekonomi 8%

"Dengan teknologi yang kami gunakan untuk memverifikasi identitas dan menganalisis kelayakan kredit, kami dapat menilai calon nasabah secara lebih menyeluruh—bukan hanya dari sisi data, tetapi juga konteks kondisi keuangan mereka. Hal ini memungkinkan kami menentukan batas pinjaman yang sesuai guna meminimalkan potensi gagal bayar," kata Jonathan Kriss, Brand Manager AdaKami, dalam acara media gathering AdaKami, Selasa (22/4/2025).

Dengan menerapkan proses verifikasi internal berbasis teknologi yang ketat, AdaKami berupaya memastikan seluruh informasi yang diajukan oleh pengguna adalah benar dan bukan hasil modifikasi. Hal ini termasuk untuk memastikan terpenuhinya syarat usia minimum 18 tahun bagi peminjam, keaslian identitas yang diberikan, hingga mengantisipasi adanya modifikasi berbasis AI yang kerap dilakukan fraudster untuk mengelabui institusi atau lembaga penyedia pendanaan.

Di sisi lain, AdaKami juga menerapkan proses credit scoring berbasis AI dan Big Data ini bertujuan memetakan kemampuan bayar, sekalipun pengguna yang mengajukan pinjaman tidak memiliki histori kredit konvensional. Dengan demikian, AdaKami bisa memberikan limit yang sesuai dengan profil skor kredit pengguna untuk meminimalkan risiko over-indebtedness.

"Dengan menjalankan kedua teknologi tersebut, penyaluran dana akan lebih tepat dan jelas ketujuannya," imbuhnya.

Baca Juga:
Kasus Debitur Bunuh Diri, AdaKami: Kami Tunggu Investigasi Polisi

Berdasarkan data internal di kuartal 1 2025, AdaKami telah menyalurkan total pinjaman sebesar Rp3,94 triliun dengan memiliki 955.400 pengguna aktif. Tingkat keberhasilan bayar mencapai 99,82 persen.

“Kami percaya bahwa penerapan prinsip kehati-hatian yang konsisten, yang ditunjang teknologi canggih, menjadi landasan yang kuat dalam menjaga kualitas pendanaan yang optimal. Strategi ini memungkinkan kami memastikan pertumbuhan yang sehat dan berkelanjutan di tengah dinamika industri saat ini," ujar Karissa Sjawaldy, Chief of Public Affairs AdaKami.

SHARE:

iPhone 17 Pro Makin Imut! Warna Sky Blue Siap Perbaiki Mood

Inovasi Baterai Oppo Find N5 Setipis Kartu ATM